Logo Bloomberg Technoz

"Itu kita dorong supaya industri bisa hilir lebih lanjut, misalnya Ni-Matte, nanti jadi prekursor, jadi komponen baterai," ujar dia.

Sekadar catatan, smelter nikel kelas II atau pirometalurgi adalah yang menggunakan teknologi rotary kiln-electric furnace (RKEF), yang menghasilkan olahan feronikel (FeNi) dan nickel pig iron (NPI) sebagai bahan baku komoditas besi dan baja nirkarat (stainless steel). Smelter RKEF ini membutuhkan bijih nikel kadar tinggi (saprolite) sebagai bahan bakunya.

Saat ini, Indonesia memang diklaim sebagai negara yang memiliki cadangan nikel terbesar di dunia, dengan mengambil porsi 25% dari total cadangan global.

Namun, kondisi itu turut menyebabkan RI sebagai salah satu musabab anjloknya harga nikel hingga 45% sepanjang 2023. Banjir pasokan nikel murah dari Indonesia juga dinilai akan mengancam dan mengganggu industri produk olahan nikel, seperti NPI dan FeNi itu.

Berdasarkan catatan Kementerian Perindustrian, saat ini di Indonesia sendiri terdapat 44 smelter RKEF yang mengolah nikel menjadi baja nirkarat melalui proses pirometalurgi.

Konsumsi bijih nikel untuk pirometalurgi dengan saprolite adalah sebesar 210 juta ton per tahun dan limonite sebesar 23,5 juta ton per tahun.

Pada tahap perencanaan ke arah pirometalurgi, terdapat 28 smelter dan 10 smelter untuk hidrometalurgi dengan kebutuhan masing-masing 130 juta ton per tahun dan 54 juta ton per tahun.

(ibn/wdh)

No more pages