Logo Bloomberg Technoz

Anies Respons PDIP yang Ancang-ancang Jadi Oposisi

Muhammad Fikri
16 February 2024 16:50

Anies Baswedan (Dok: Bloomberg)
Anies Baswedan (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta — Anies Baswedan, calon Presiden nomor urut 01, menghormati sikap partai pengusung pasangan capres-cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, PDIP yang siap untuk menjadi oposisi dan bekerja di luar pemerintahan.

“Jadi itu sikap yang harus dihormati dan sambil kita menunggu hasil selesai penghitungan seperti apa,” jelas Anies saat ditemui di Jakarta, Jumat (16/2/2024).

Anies juga menyampaikan agar tetap menerima apapun hasil akhir yang akan diputuskan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) nantinya. Namun, ia tetap menyarankan masyarakat untuk tetap memperhatikan proses Pemilu 2024, termasuk perhitungan suara, agar berjalan dengan baik.

Anies meminta siapapun yang menemukan indikasi kecurangan dalam rekapitulasi suara agar segera melapor. “Pastikan prosesnya berjalan dengan baik dan bila ada kekurangan-kekurangan, laporkan, baik itu ke Bawaslu maupun ke Tim Hukum masing-masing,” jelas dia.

Sebelumnya, Hasto Kristiyanto selaku Sekretaris Jendral (Sekjen) PDIP telah menyatakan bahwa PDIP telah bersiap untuk menjadi oposisi bagi pemerintahan baru.