Logo Bloomberg Technoz

Yunani Sahkan UU Pernikahan Sesama Jenis Berikut Hak Asuh Anak

News
16 February 2024 06:00

Potret Alexandria, Yunani. (Fotografer: Islam Safwat/Bloomberg)
Potret Alexandria, Yunani. (Fotografer: Islam Safwat/Bloomberg)

Paul Tugwell - Bloomberg News

Bloomberg, Anggota Parlemen Yunani pada Kamis menyetujui undang-undang (UU) yang memperkenalkan pernikahan sipil sesama jenis dan menetapkan hak orang tua yang setara bagi pasangan sesama jenis, di tengah tentangan dari Gereja Ortodoks.

"UU baru ini memberikan setiap orang hak untuk menikah secara sipil beserta kewajiban yang menyertainya, dan melindungi hak-hak anak terlepas dari bentuk keluarganya,” kata Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis menjelang pemungutan suara.

Meskipun sejumlah negara Uni Eropa telah melegalkan pernikahan sesama jenis, Yunani adalah negara mayoritas Kristen Ortodoks pertama yang menyetujui RUU tersebut. Penentang undang-undang tersebut mengatakan bahwa langkah-langkah yang diperkenalkan pada 2015 untuk mengizinkan kemitraan sipil sesama jenis sudah cukup, tetapi argumen tersebut ditolak oleh mayoritas anggota parlemen.

Parlemen Yunani memberikan suara dengan hasil 176 berbanding 76, dari 254 suara di majelis yang beranggotakan 300 orang, untuk memperluas pernikahan yang setara dan hak orang tua otomatis bagi pasangan sesama jenis. Ini langkah yang juga akan memungkinkan mereka untuk mengadopsi anak. Hal ini akan memungkinkan kedua orang tua untuk memiliki perwalian atas anak-anak mereka, sesuatu yang saat ini diberikan kepada orang tua kandung.