Logo Bloomberg Technoz

Ekonomi Jepang Diprediksi Menyusut Lagi, BOJ Gelisah

News
15 February 2024 13:10

Ilustrasi Ekonomi Jepang. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi Ekonomi Jepang. (Dok: Bloomberg)

Toru Fujioka - Bloomberg News

Bloomberg, Ekonomi Jepang kemungkinan akan berkontraksi lagi pada kuartal ini setelah kontraksi mengejutkan pada akhir tahun 2023 menunjukkan stagnasi, sehingga memusingkan Bank of Japan (BOJ), menurut seorang ekonom terkemuka.

"Saya memperkirakan pertumbuhan ekonomi negatif selama tiga kuartal berturut-turut," kata Yoshiki Shinke, yang telah memenangkan penghargaan prediksi sebanyak 14 kali dari Pusat Penelitian Ekonomi Jepang, terbanyak di antara para peserta. "Perekonomian Jepang sangat stagnan karena tidak adanya mesin penggerak utama."

Ekonomi Jepang. (Dok: Bloomberg)

Ekonomi tergelincir ke dalam resesi setelah data pada Kamis menunjukkan ekonomi menyusut untuk kuartal kedua pada periode Oktober-Desember. Kontraksi kuartalan tahunan sebesar -0,4% akan menjadi lebih buruk--mungkin sekitar -1,7%--jika bukan karena dorongan satu kali dari royalti industri, menurut Shinke.   

Jika analisis Shinke terbukti akurat, BOJ akan tetap terjebak dalam posisi yang tidak nyaman karena mencari waktu terbaik untuk melakukan kenaikan suku bunga pertama sejak 2007. Beberapa pelaku pasar mengurungkan taruhan mereka pada jangka waktu kenaikan suku bunga setelah data produk domestik bruto dirilis.