Logo Bloomberg Technoz

Prabowo-Gibran Menang Quick Count, Ini Saran Ekonom Bloomberg

Ruisa Khoiriyah
15 February 2024 13:20

Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto menyampaikan pidato kemenangan di Istora Senayan, Rabu (14/2/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto menyampaikan pidato kemenangan di Istora Senayan, Rabu (14/2/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kemenangan belum resmi Prabowo-Gibran yang didukung oleh petahana dalam ajang pilpres berhasil memantik euforia pelaku pasar keuangan, terindikasi dari lonjakan harga saham di mana IHSG melesat hingga 2% mengawali perdagangan hari ini, Kamis (15/2/2024).

Euforia pelaku pasar kebanyakan didorong kelegaan bahwa setidaknya satu kepastian sudah didapatkan di mana pilpres kali ini sangat mungkin cukup berlangsung satu putaran.

Akan tetapi, euforia itu kemungkinan tidak akan bertahan terlalu lama menyusul fokus para pemodal yang akan menyoroti akan sejauh mana janji-janji kampanye Prabowo-Gibran akan dapat terealisasi, arah kebijakan ekonomi makro, peta koalisi pasca pemilu, juga kabinet yang akan dibentuk terutama tim ekonomi.

Ekonom Bloomberg Economist Tamara Henderson, menilai, kendatipun beberapa program yang dikampanyekan oleh Prabowo-Gibran memiliki tujuan baik, terbuka peluang gagal direalisasikan. 

"Dalam beberapa minggu atau bulan ke depan, tanda-tanda utama akan memperlihatkan apakah risiko implementasi menjadi lebih atau kurang penting bagi prospek pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam jangka menengah dan panjang," kata Tamara dalam laporan analisis yang dikutip hari ini.