Logo Bloomberg Technoz

Menang Quick Count, Jokowi Akui Sudah Bertemu dengan Prabowo

Dovana Hasiana
15 February 2024 12:10

Saat Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo Subianto dalam kunjungan di Magelang, Jawa Tengah. (Dok: Instagram/Prabowo)
Saat Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo Subianto dalam kunjungan di Magelang, Jawa Tengah. (Dok: Instagram/Prabowo)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden  Joko Widodo (Jokowi) mengakui telah bertemu dengan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto pada hari pemungutan suara Pemilu 2024, Rabu (14/2/2024). Pertemuan dilakukan usai sejumlah lembaga survei mempublikasikan hasil perhitungan cepat atau quick count sementara pemungutan suara Pilpres 2024.

Seluruh lembaga survei melaporkan, pasangan calon nomor urut 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memenangkan pemungutan suara dalam satu putaran. Menteri Pertahanan dan putera sulung Presiden Jokowi tersebut diprediksi memperoleh dukungan sekitar 57-59% suara nasional.

"[Saya] sudah [mengucapkan] selamat. Ketemu langsung semalam," ujar Jokowi saat ditemui di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (15/2/2024).

Jokowi mengungkapkan, pertemuan dirinya dengan Prabowo itu dilakukan bersama dengan dua orang lainnya. Namun, dia tak memerinci sosok tersebut. "Berempat. Enggak perlu saya sebut."

Meski demikian, Jokowi meminta masyarakat untuk menunggu hail akhir perhitungan resmi atau real count yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dia meminta masyarakat menahan diri hingga ada penetapan resmi dan selesainya seluruh proses Pemilu 2024.

Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Cawapres Gibran Rakabuming di Istora Senayan, Rabu (14/2/2024). (Bloomberg)