Logo Bloomberg Technoz

Quick Count Pilpres 2024 Denny JA 50% Suara Masuk: Prabowo Unggul

Dovana Hasiana
14 February 2024 15:26

Quick Count Pemilu 2024 (Arie Pratama/Bloomberg Technoz)
Quick Count Pemilu 2024 (Arie Pratama/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Beberapa lembaga survei telah mengumumkan hasil hitung cepat (quick count) dari Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Salah satunya Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA yang telah memasukkan data 55,4% per 15.14 WIB.

Dalam hasil quick count sementara, pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul 59,6%. Disusul kemudian pasangan calon nomor urut 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 22,35%, dan pasangan calon nomor urut 03, Ganjar Pranowo-Mahfud MD 18,05%.

Quick count atau hitung cepat merupakan metode prediktif yang digunakan untuk memberikan perkiraan hasil pemilu dengan cepat.

Metode ini umumnya melibatkan sampel representatif dari tempat pemungutan suara untuk memperkirakan hasil keseluruhan. Kecepatan dalam memberikan hasil menjadi keunggulan utama quick count. Perhitungan ini memungkinkan masyarakat mendapatkan gambaran awal tentang hasil pemilu pada hari yang sama setelah pemungutan suara berlangsung.

Pembaca akan mendapatkan hasil quick count disajikan secara real time saat lembaga survei memulai proses hitung cepat. Kebijaksanaan pembaca tetap diharapkan. Perhitungan hasil akhir secara sah dalam hukum negara tetap berdasarkan hasil rekapitulasi yang dilakukan KPU.