Logo Bloomberg Technoz

Web Cek DPT Online Janggal, NIK Sembarangan Muncul Kartu Pemilih

Angga Indrawan
13 February 2024 21:35

Petugas KPPS memeriksa kelengkapan logistik Pemilu 2024 di gudang logistik KPU Jakarta Pusat, Selasa (6/2/2024) (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Petugas KPPS memeriksa kelengkapan logistik Pemilu 2024 di gudang logistik KPU Jakarta Pusat, Selasa (6/2/2024) (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Halaman akses cek DPT pemilu melalui https://cekdptonline.kpu.go.id/ terdapat kejanggalan. Calon pemilih yang memasukkan NIK dengan sembarang angka, justru terdaftar sebagai pemilih. 

Simulasi yang dilakukan Bloomberg Technoz pada Selasa (13/2/2024) pukul 21.00 WIB, dengan memasukkan angka 0 sebanyak 16 kali, terdaftar dengan nama tertentu, bahkan lengkap dengan lokasi TPS tempat pencoblosan.

hasil cek DPT sembarang angka di laman cek DPT milik KPU.

Dalam simulasi melalui input angka tersebut, muncul identitas nama tertentu, lengkap dengan lokasi pencoblosan. 

Simulasi lain juga dilakukan tim redaksi dengan angka lain NIK yang juga sembarangan. Hasil serupa juga muncul: identitas nama dengan lokasi TPS yang telah ditentukan oleh KPU untuk lokasi pencoblosan.

Kondisi kejanggalan tersebut juga memancing riuh percakapan di media sosial, khususnya platform X atau yang dulu dikenal dengan Twitter. Dalam banyak utas, netizen juga melaporkan bahwa angka sembarang yang diinput dalam laman cek DPT pemilu memunculkan nama-nama tertentu, lengkap dengan lokasi pencoblosan.