Logo Bloomberg Technoz

Pertandingan dimulai dengan lambat, dengan 49ers memimpin 10-3 di akhir babak pertama. Chiefs menyamakan skor dengan field goal di kuarter keempat, mengirim pertandingan ke perpanjangan waktu, dan kemudian meraih kemenangan mendadak dengan touchdown. 

CBS mengatakan, pertandingan ini secara rutin menjadi acara TV yang paling banyak ditonton dalam setahun di AS, memberikan keuntungan penonton dan iklan yang besar kepada jaringan penyelenggara. Ini adalah Super Bowl yang paling banyak di-streaming sepanjang masa.

Nevada Gaming Control Board dalam pernyataan mengatakan, Super Bowl LVIII membawa jumlah taruhan tertinggi untuk pertandingan besar tersebut sepanjang masa. Sebesar US$185,6 juta, itu 21% lebih tinggi dari tahun lalu dan melebihi rekor tertinggi tahun 2022 sebesar US$179,8 juta.

Grafik Penonton NFL. (Sumber: Nevada Gaming Control Board)

Kemeriahan tahun ini diperkuat oleh hubungan yang banyak diikuti antara tight end Kansas City, Travis Kelce, dan bintang pop Taylor Swift. Siaran tersebut menyertakan banyak potongan gambar Swift yang menonton aksi dari sebuah suite di stadion dan pasangan tersebut berpelukan dan berciuman di akhir pertandingan.

"Dia tanpa ragu meningkatkan jumlah penonton NFL," kata Chief Executive Paramount Global, Bob Bakish, dalam wawancara 9 Februari dengan Bloomberg. "Dia adalah tambahan yang hebat, memperluas jaringan penonton NFL bahkan lebih jauh."

Iklan selama pertandingan dijual sekitar US$7 juta untuk setiap spot 30 detik. Seperti yang selalu dilakukan oleh jaringan, CBS mengapit siaran pertandingan sebenarnya dengan program prapertandingan dan pasca pertandingan yang ekstensif, menjadikan siaran tersebut sebagai acara sepanjang hari untuk banyak penonton.

Olahraga langsung, dan NFL khususnya, tetap menjadi satu alat andal bagi pemasar untuk menjangkau sejumlah besar penonton di TV. Fox Corp. mengumpulkan $500 juta dalam iklan dari siaran tahun lalu.

Beberapa pengguna Paramount+ mengalami masalah dengan siaran, terutama di awal pertandingan, menurut postingan media sosial dan situs web Downdetector.com, yang melacak keluhan.

Paramount mengatakan hanya "sejumlah sangat kecil pelanggan yang mengalami kesalahan karena masalah teknis dengan salah satu mitra kami, yang segera diperbaiki."

X, situs media sosial yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, juga melihat pertumbuhan dengan jumlah posting tentang pertandingan meningkat 26% menjadi 12,94 juta, menurut perusahaan tersebut.

Siaran tersebut datang pada saat yang tepat untuk Paramount. Pemegang saham pengendali mereka, keluarga Redstone, sedang menerima tawaran untuk perusahaan tersebut, yang asetnya termasuk CBS, Paramount Pictures dan sejumlah saluran TV kabel.

(bbn)

No more pages