Logo Bloomberg Technoz

Urun daya berupa dana ala Rodgers terjadi tahun lalu dengan hasil US$4 juta (sekitar Rp62 miliar), termasuk mampu meraih tambahan US$1,5 juta (sekitar Rp23,2 miliar). Hasil dana akan digunakan untuk membentuk Internet Movie Database di pasar olahraga.

Sistem Kerja Crowdsourcing 

Crowdsourcing dapat bekerja ketika sebuah entitas - baik individu maupun organisasi - meminta sumber daya tertentu dari sekelompok orang. Bisnis, individu, dan organisasi dari segala jenis telah menggunakan proses ini untuk mengumpulkan ide dan mengumpulkan uang serta mengkonsolidasikan dan mempromosikan informasi, dilansir dari TechTarget.

Entitas-entitas ini mengandalkan internet, media sosial, dan platform yang dibuat khusus untuk mendapatkan dan menerima pengetahuan, barang, atau jasa yang mereka cari. Pendekatan ini memungkinkan mereka untuk terlibat dengan spektrum sumber yang lebih luas dibandingkan jika mereka menggunakan karyawan, pemasok, dan sumber keahlian tradisional lainnya melalui jalur keterlibatan konvensional.

Gotong-royong Kawalpemilu.org

Kawalpemilu.org mengkampanyekan #UnggahInputKirim berbagai elemen yang terlibat. Foto berupa C.Hasil Plano ini merupakan hasil suara dari tiap TPS. Hasilnya dikirim ke kawalpemilu.org. Lembar ini terpampang pada akhir perhitungan suaran dan bisa dilihat semua orang.

“Kami dan handphone kamu bisa membantu menjaga hasil Pemilu 2024 supaya berlangsung jujur dan adil,” tulis mereka dalam unggahan video, dikutip, Selasa (13/2/2024).

Konsep crowdsourcing yang mereka usung, “adalah sebuah gerakan yang tidak memihak, yang bisa diikuti semua orang, untuk juga menghitung hasil surat suara yang sama sehingga nanti akhirnya juga mendapatkan hasil hitung yang bisa dijadikan pembanding,” papar dia.

Pola yang mirip dengan gotong-royong yang banyak dikenal masyarakat Indonesia secara luas.

Cara terlibat dalam project Crowdsourcing Kawalpemilu.org:

  1. Buka situs pada HP ponsel atau laptop kawalpemilu.org
  2. Tekan menu pada layar sisi kiri atas
  3. Pilih masuk dan login. Bisa menggunakan akun email Anda, seperti Google Mail.
  4. Tekan menu, temukan Cari Lokasi TPS
  5. Ketik nama TPS tempat Anda mencoblos dan cari nomor TPS
  6. Tekan ikon kamera pada smartphone
  7. Tekan unggah foto secara langsung atau pilih dari folder galeri
  8. Pastikan unggahan berupa dokumen C.Hasil Plano

Kawalpemilu.org tidak sendiri, terdapat proyek sejenis crowdsourcing demi mengawal hasil pemilu Indonesia seperti Warga Jaga Suara, Jaga Suara 2024, dan Jaga Suaramu.

- Dengan asistensi Randall Williams.

(fik/wep)

No more pages