Logo Bloomberg Technoz

Survei 22V Research menunjukkan 51% trader yang disurvei berpendapat bahwa reaksi pasar terhadap IHK pada hari Selasa akan "Risk-On" dan hanya 19% yang mengatakan "Risk-Off".

Namun demikian, di samping itu pernyataan beberapa pejabat Bank Sentral AS (Federal Reserve/The Fed) cenderung melontarkan sinyal hawkish, yang mungkin akan membatasi optimisme tersebut.

Dua pejabat The Fed yakni Thomas Barkin yang menjabat sebagai Gubernur The Fed Richmond dan Susan Collins, Gubernur The Fed Boston, menilai Bank Sentral masih perlu memastikan laju disinflasi, yang secara tak terduga menurun cepat tahun lalu, berlangsung di sektor lebih luas termasuk di sektor jasa dan perumahan. 'Syarat' baru itu mereka butuhkan sebelum akhirnya memutuskan memulai penurunan suku bunga acuan.

"Saya berharap tetapi masih mencari lebih banyak keyakinan bahwa perlambatan inflasi meluas dan berkelanjutan," kata Barkin dalam pidatonya pekan lalu.

Dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg Television, Barkin mengatakan bahwa ia ingin melihat tren tersebut "Berlanjut dan meluas" ketika para pembuat kebijakan mendapatkan data "Beberapa bulan lagi."

Dari dalam negeri, trader juga terlihat menahan diri menunggu hasil Pemilu yang akan digelar esok hari dan menghasilkan hitung cepat perkiraan pemenang Pemilu dan Pilpres 2024.

Pada Pemilu esok hari, Rabu 14 Februari, masyarakat akan melakukan pemungutan suara untuk Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif– tingkat pusat, provinsi hingga kabupaten dan kota. KPU mencatat jumlah pemilik hak suara yang masuk pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) mencapai 204.807.222 orang. 

Analis Phintraco Sekuritas memaparkan, IHSG berpotensi konsolidasi pada rentang 7.300-7.330 pada perdagangan di Selasa (13/2).

“IHSG ditutup menguat ke level 7.297,67 pada Senin (12/2). Secara teknikal, terdapat pelebaran positif slope pada MACD, yang memberikan sinyal penguatan. Meskipun demikian, investor perlu mencermati risiko volatilitas menjelang pelaksanaan Pemilu pada Rabu (14/2). Sehingga, IHSG diperkirakan akan melanjutkan fase konsolidasinya pada Selasa (13/2) dengan rentang pergerakan di area 7.300 - 7.330,” tulisnya.

(fad)

No more pages