Logo Bloomberg Technoz

BPJPH Keluarkan 1 Juta Sertifikasi Halal Gratis 2024

Pramesti Regita Cindy
09 February 2024 11:40

Halal. (Dok: BPJPH)
Halal. (Dok: BPJPH)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Keagamaan (Menag) kembali membuka fasilitas satu juta Sertifikasi Halal Gratis atau Sehati di tahun 2024 ini. 

Hal ini disampaikan oleh Kepala BPJPH Muhammad Aqil Irham, yang mengklaim telah menyodorkan program tersebut saat Rapat Kerja Nasional Kemenag di Semarang beberapa waktu lalu. 

"Ini adalah bentuk keberpihakan Pemerintah kepada para pelaku UMK sebagaimana amanat undang-undang. Program ini juga masuk dalam Pakta Integritas yang saya tandatangani di hadapan Menag," kata Aqil, dalam rilis resminya, Jumat (9/2/2024). 

Program sertifikasi halal gratis atau Sehati bagi pelaku UMK tahun 2024, lanjut Aqil diberikan dengan kuota sebanyak 1 juta sertifikat halal gratis. Jumlah sebanyak itu ditopang dengan 62% dari total anggaran BPJPH tahun 2024.

Selain itu, pembiayaan sertifikasi halal juga didukung oleh anggaran fasilitasi sertifikasi halal dari berbagai Kementerian/Lembaga dan stakeholder terkait. Adapun pendaftaran Sehati sudah dapat dilakukan secara online.

Syarat Pengurusan Sertifikasi Halal. (Dok: BPJPH)

Langkah mendafta Sehati:

  1. Unduh aplikasi PUSAKA SuperApps di playstore atau appstore,
  2. Baca petunjuk pendaftaran sertifikasi halal yang terdapat pada menu aplikasi PUSAKA SuperApps,
  3. Masuk pada menu pendaftaran sertifikasi halal, kemudian isi semua persyaratan yang dibutuhkan.