Logo Bloomberg Technoz

Giliran Civitas Akademica Undip Bicara Darurat Demokrasi & Pemilu

Pramesti Regita Cindy
09 February 2024 10:50

Ilustrasi demo tuntut kembalikan iklim demokrasi Indonesia. (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Ilustrasi demo tuntut kembalikan iklim demokrasi Indonesia. (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Civitas akademica Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang, Jawa Tengah turut menyuarakan pernyataan sikap atas pemilu yang dikatakan jauh dari nilai-nilai demokrasi.

Seruan pernyataan sikap ini dilakukan oleh puluhan guru besar bersama dosen, alumni, dan diikuti pula oleh ratusan mahasiswa.

"Hukum sejatinya dibuat sebagai alat untuk mencapai tujuan negara, bukan untuk mencapai tujuan kekuasaan belaka. Oleh karena itu kami imbau kepada segenap penyelenggara negara untuk mengembalikan tujuan dibentuknya hukum guna mencapai cita-cita luhur negara Indonesia sebagaimana termaktub dalam pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945," tulis isi petisi tersebut yang dibacakan oleh Guru Besar Fakukltas MIPA, Undip Prof Muhammad Nur, dikutip Jumat (9/2/2024).

Civitas akademica Undip juga turut mendesak penyelenggara negara untuk kembali menegakkan pilar-pilar demokrasi pancasila, dan menekankan pada nilai-nilai moral.

"Memastikan penyelenggaraan pesta demokrasi yang aman dan damai, tanpa intimidasi dan ketakutan sesuai dengan koridor kewenangan, tugas dan tanggung jawab masing-masing," sambungnya.