Logo Bloomberg Technoz

Kegunaan vitamin C pada kesehatan yakni meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Khasiat ini bisa juga melawan sakit flu dan jenis infeksi lainnya. 

Dalam studi jurnal nutrient menurut peneliti bahwa suplementasi vitamin C dengan dosis 200 mg setiap hari efektif mengatasi flu dan gejala lainnya yang mempengaruhi kondisi fisik. Dengan pemberian dosis tepat bisa memperbaiki kadar leukosit dan pemulihan jadi lebih optimal. 

2. Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin C dengan kombinasi vitamin E bisa mengoptimalkan penglihatan dalam menjaga kesehatan mata.  Dalam studi sebagian orang yang rajin mengonsumsi ini penglihatan mata dalam visual lebih jernih dan tajam

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Risiko terkena sakit jantung banyak ditimbulkan dari berbagai faktor. Contoh tekanan darah tinggi, kadar trigliserida hingga rendahnya kolesterol baik dalam tubuh. 

Rutin mengonsumsi vitamin C bisa menurunkan faktor risiko pemicu sakit jantung.  Hal ini merupakan bagian penelitian dari America Journal of Clinical Nutrition. 

Penelitian tersebut menganalisis 9 penelitian dengan peserta gabungan sekitar 293 ribu orang dalam waktu 10 tahun. Hasilnya orang yang rajin mengonsumsi vitamin C setiap hari risiko terkena penyakit jantung lebih rendah 25%,  daripada yang tidak konsumsi. 

4. Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas adalah sel-sel rusak yang bisa membuat tubuh stres apabila jumlah menumpuk. Lambat laun senyawa tersebut bisa menimbulkan penuaan dini.Vitamin C sangat kuat dan mampu menangkal radikal bebas dalam tubuh. Hal tersebut berdasarkan jurnal antioxidant dengan judul Therapeutic Perspective of Vitamin C and its derivatives

5. Mencegah Perkembangan Penyakit Kronis

Manfaat Vitamin C  lainnya bisa mencegah berbagai penyakit kronis lainnya. Seperti jantung hingga kanker. Hal ini karena vitamin tersebut memiliki antioksidan yang baik untuk tubuh.

6. Membantu mencegah kekurangan zat besi

Terpenuhinya vitamin C mampu meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh. Hasilnya jika dikonsumsi terhindar dari kondisi kekurangan zat besi yang merupakan faktor risiko dari anemia. 

Terdapat sebuah studi Biomedical and Environmental Science dengan judul Effect of Vitamin C Supplementations Iron Deficiency Anemia In Chinese Children. Dalam studi melibatkan 65 anak tersebut mengatakan risiko anemia pada penelitian dapat terkontrol dengan baik jika mengonsumsi suplemen vitamin C. 

7. Vitamin C Dapat Hiperpigmentasi

Produk perawatan kulit berbasis vitamin C bisa mencerahkan kulit bagian gelap, bercak atau hiperpigmentasi

8. Menyamarkan Garis Halus

Mengonsumsi makanan kaya vitamin C juga bisa memberikan efek serupa contohnya, brokoli, bayam,  paprika merah. Hal ini juga berdampak bisa mengurangi pada garis halus di bagian wajah. 

9. Meningkatkan Produksi Kolagen

Vitamin C yang dioleskan ke kulit dapat mendorong pertumbuhan kolagen baru. Nutrisi ini bisa menjaga kolagen dalam tubuh supaya tidak mudah rusak. 

10. Mempercepat Penyembuhan Luka Jerawat

Manfaat vitamin C lainnya bisa membantu penyembuhan luka lebih cepat. Untuk mendapatkan hasil bisa mengonsumsi makanan kaya vitamin C atau mengonsumsi suplemen. 

11. Menyamarkan Bekas Luka

Dalam penelitian jurnal Aesthic Plastic Surgery berjudul Improve Scar Appearance with combined use silicone gel and vitamin C for Asian Patients: a comparative case series gel vitamin yang dioleskan pada kulit bisa menyamarkan pada bekas luka seperti bagian tubuh seusai menjalani operasi.

(spt)

No more pages