Logo Bloomberg Technoz

Timnas Amin Soal Elektabilitas Rendah: Dana Survei Tak Transparan

Sultan Ibnu Affan
08 February 2024 15:46

Kapten Timnas Pemenangan Anies-MuhaiminMuhammad Syaugi (tengah) saat konfrensi pers. (Bloomberg Technoz/Pramesti Regita Cindy)
Kapten Timnas Pemenangan Anies-MuhaiminMuhammad Syaugi (tengah) saat konfrensi pers. (Bloomberg Technoz/Pramesti Regita Cindy)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Tim Pemenangan Nasional Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau Timnas Amin mengatakan lembaga survei selama ini tidak pernah transparan menyampaikan sumber pendanaan untuk membiayai aktivitasnya. Maka itu, pasangan nomor urut 01 ini tidak menjadikan hasil survei sebagai acuan utama.

Hal itu disampaikan Kapten Timnas Amin Muhammad Syaugi Alaydrus menanggapi hasil survei yang menyebutkan elektabilitas Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar masih berada di bawah Prabowo-Gibran, namun melewati popularitas Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

"Soal survei kita tahu selama ini tidak pernah menyampaikan transparan tentang pembiayaan. Jadi ya itu salah satu pertimbangan. Jadi banyak aspek yang dipertimbangkan oleh pasangan 01, survei hanya salah satunya," ujar Syaugi.

Menurut dia, Timnas lebih cenderung melihat proses kampanye yang diklaim berhasil. Artinya, setiap kali kampanye, kedua pasangan capres dan cawapres selalu didatangi oleh lautan manusia. Hal itu merupakan bukti konkret pilihan rakyat.

"Gakta setiap pak Anies datang kampanye daerah selalu didatangi lautaan manusia. Itu tidak bisa dibohongi, itu fakta," ujar Syaugi.