Logo Bloomberg Technoz

Korea Utara Batalkan UU Kerja Sama Ekonomi dengan Korea Selatan

News
08 February 2024 12:45

Ilustrasi Bendera Korea Utara (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi Bendera Korea Utara (Sumber: Bloomberg)

Jon Herskovitz dan Youkyung Lee - Bloomberg News

Bloomberg, Parlemen Korea Utara menghapuskan undang-undang kerja sama ekonomi dengan Korea Selatan. Ini semakin memperdalam jurang pemisah di antara kedua negara bertetangga tersebut setelah pemimpin Kim Jong Un mengawali tahun ini dengan mengatakan bahwa tidak mungkin mengupayakan penyatuan kembali secara damai.

Langkah ini diumumkan pada Kamis oleh media resmi Pyongyang. Sementara rezim Korea Utara beroperasi sesuai dengan keinginan Kim, undang-undang tersebut telah memberikan dasar yang lebih formal untuk pengoperasian resor pegunungan dan taman pabrik di utara perbatasan. Kedua proyek tersebut--yang pernah dilihat sebagai model kerja sama masa depan--telah ditutup selama bertahun-tahun karena dendam politik.

Seorang pejabat di Kementerian Unifikasi Korea Selatan mengatakan bahwa langkah tersebut hanya akan mengisolasi Korea Utara lebih jauh, dan menambahkan bahwa Seoul tidak memiliki rencana dalam waktu dekat untuk menanggapinya, demikian laporan kantor berita Yonhap.

Saham-saham "perdamaian" Korea Selatan, yang diharapkan mendapat keuntungan dari hubungan antar-Korea yang membaik, tidak banyak bergerak setelah pengumuman Korea Utara.