Logo Bloomberg Technoz

Konser Taylor Swift Bisa Sumbang Rp3,5 T untuk Ekonomi Jepang

News
07 February 2024 17:40

Taylor Swift (Sumber: Bloomberg)
Taylor Swift (Sumber: Bloomberg)

Akemi Terukina - Bloomberg News

Bloomberg, Taylor Swift akan melanjutkan tur 'Eras Tour' di Tokyo pekan ini. Konser tersebut diprediksi akan menghasilkan pendapatan sekitar ¥34 miliar (sekitar Rp3,5 triliun) dari tiket, merchandise, makanan, hotel, dan aktivitas terkait lainnya.

Angka tersebut, dihitung oleh Mitsumasa Etoh, dosen di Universitas Kota Tokyo, kira-kira sama dengan jumlah yang dihasilkan Swifties (sebutan fans Taylor Swift) di Denver pada bulan Juli lalu. Swift, yang baru saja memenangkan Grammy Award untuk Album of the Year pada hari Minggu, telah menjadi sorotan selama tur di AS. Mulai dari memicu sensor seismik di Seattle hingga menjadi miliarder.

Meskipun tur bagian pertama memicu histeria massal, ia kemungkinan akan mendapatkan sambutan yang lebih tenang di Jepang. Hal ini karena negara tersebut memiliki industri musik yang matang dengan nilai ¥300 miliar. Artis-artis lokal populer seperti Yoasobi dan Radwimps menyumbang 90% penjualan CD, DVD, dan media fisik lainnya. 

Menurut Ryo Hirose, peneliti di NLI Research Institute, saat ini penggemar musik di Jepang cenderung fokus pada lagu hit. Bukan artis asing itu sendiri.