Logo Bloomberg Technoz

Senin lalu, pemodal asing mencatat jual bersih US$31,3 juta saham. Hari ini, Indeks Harga Saham Gabungan sempat tertekan meski akhirnya berhasil ditutup menguat 0,68% sore ini.

Sedangkan aksi jual di pasar surat utang lebih marak.Yield surat utang negara semua tenor bergerak naik terutama tenor panjang 10 dan 15 tahun yang beringsut ke 6,57% dan 6,74%.

Lelang sukuk negara (SBSN) Senin lalu mencatat sedikit penurunan animo yang terlihat dari permintaan masuk sedikit lebih rendah di Rp23,65 triliun dari lelang sebelumnya Rp23,77 triliun.

Indonesia melaporkan capaian pertumbuhan ekonomi 2023 lebih kecil di angka 5,05% dari capaian 5,31% pada 2022, tertekan kinerja konsumsi rumah tangga yang melemah di tengah kelesuan ekspor yang terimbas perekonomian global.

Pemilu yang diharapkan bisa mendongkrak belanja masyarakat sejauh ini tidak berhasil mendongkrak pertumbuhan secara signifikan. Begitu juga kucuran bantuan sosial dalam nilai fantastis terlihat membawa efek terbatas karena hanya menyasar kalangan bawah. Kelas menengah yang memiliki sumbangan konsumsi lebih dari 40% menghadapi tekanan daya beli tanpa stimulus yang terencana sejauh ini.

(rui)

No more pages