Logo Bloomberg Technoz

Elon Musk tidak menanggapi permintaan komentar.

Proposal kepada calon investor juga menyoroti Elon Musk, miliarder dan sejarahnya sebagai pengusaha, dengan banyak perusahaannya yang lain yang disebut-sebut selama presentasi. 

Media sosial X, yang sebelumnya bernama Twitter, dan produsen kendaraan listrik Tesla Inc, merupakan mitra strategis untuk xAI. Tesla dan X juga merupakan sumber data pelatihan untuk mengembangkan teknologi xAI.

Salah satu slide menunjukkan bahwa elon Musk telah mengumpulkan miliaran dolar di semua perusahaannya - “Muskonomy,” demikian sebutannya di dalam proposal—sebagai cara untuk menawarkan bukti bahwa Elon Musk akan dapat melakukan hal yang sama dengan xAI.

"xAI dipimpin oleh seorang pengusaha kelas dunia, Elon Musk, dengan rekam jejak yang telah terbukti dalam membangun pemimpin pasar berkapitalisasi besar, terutama dengan bisnis teknologi mendalam/perbatasan baru yang menuntut keahlian teknik yang signifikan,” bunyi presentasi tersebut.

Musk meluncurkan startup ini tahun lalu sebagai alternatif dari OpenAI, yang juga dia dirikan bersama. Namun Elon Musk memilih meninggalkannya karena perbedaan filosofis tentang bagaimana cara mendapatkan keuntungan dari teknologi tersebut. 

xAI telah mendapatkan setidaknya US$500 juta dalam bentuk pembiayaan dengan target mencapai US$1 miliar dalam total ekuitas, Bloomberg melaporkan pada bulan Januari.

Terbaru tengah berlangsung diskusi valuasi perusahaan yang diperkirakan sebesar US$15 miliar-US$20 miliar.

xAI yang hadir Maret 2023, masih memiliki sekitar 20 karyawan, menurut pengumuman. Beberapa di antaranya adalah veteran Google DeepMind dan mantan karyawan   Alphabet Inc, rival dalam persaingan inovasi teknologi kecerdasan buatan.

Perusahaan yang masih baru ini hanya memiliki satu produk komersial sejauh ini, sebuah asisten chatbot bernama Grok. Pengguna berlanggan X yang baru bisa memanfaatkan layanan Grok.

xAI memposisikan Grok sebagai alternatif yang lebih canggih dari ChatGPT milik OpenAI dan penawaran lainnya, serta mengumumkan bahwa Grok akan “menjawab pertanyaan-pertanyaan kritis yang ditolak oleh sebagian besar sistem AI lainnya.”

Grok sedang dilatih menggunakan data yang dikumpulkan oleh X — titik pemasaran untuk xAI, yang mengatakan bahwa itu akan membuat chatbot-nya lebih mutakhir tentang informasi baru.

(bbn)

No more pages