Logo Bloomberg Technoz

Hormati Putusan ICJ, Induk FamilyMart Putus Kontrak dengan Israel

Delia Arnindita Larasati
06 February 2024 10:40

FamilyMart (Sumber: Bloomberg)
FamilyMart (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Itochu Corp, induk perusahaan FamilyMart, akan mengakhiri kerja sama strategis antara unit penerbangannya, Itochu Aviation, dengan perusahaan pertahanan Israel Elbit System pada akhir Februari. 

Seperti diberitakan oleh The Times of Israel, mengutip Chief Financial Officer Tsuyoshi Hachimura, Itochu berencana mengakhiri kerja sama tersebut setelah Mahkamah Internasional (International Court of Justice/ICJ) memerintahkan Israel menghentikan tindakan "genosida" terhadap warga Palestina. 

"Kemitraan ini didasarkan pada permintaan dari Kementerian Pertahanan Jepang untuk tujuan mengimpor peralatan pertahanan kepada Self-Defense Forces yang diperlukan demi keamanan Jepang, sama sekali tidak terkait dengan konflik Israel dan Palestina," ungkap Hachimura dalam jumpa pers saat melaporkan pendapatan.

"Mempertimbangkan perintah Mahkamah Internasional pada 26 Januari, dan bahwa pemerintah Jepang mendukung peran pengadilan internasional tersebut, kami telah menangguhkan kegiatan baru terkait MOU, dan berencana mengakhiri MOU pada akhir Februari," lanjutnya.

Itochu Aviation, Elbit Systems dan Nippon Aircraft Supply menandatangani nota kesepahaman kerja sama strategis pada Maret 2023, tujuh bulan sebelum pecahnya perang.