Logo Bloomberg Technoz

Nikel Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Kinerja Indikatif ANTM Turun

Mis Fransiska Dewi
06 February 2024 09:20

Pertambangan nikel./Bloomberg-Ron D'Raine
Pertambangan nikel./Bloomberg-Ron D'Raine

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat wilayah Maluku Utara dan Sulawesi Tengah menjadi provinsi dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di Indonesia.

Maluku Utara yaitu 20,49% year on year  (yoy), disusul Sulawesi Tengah dengan 11,91% yoy. Industri nikel, mulai dari hulu hingga hilir, menjadi kontributor utama pertumbuhan ini.

Namun, pertumbuhan itu tampaknya belum tercermin dari kinerja keuangan PT Aneka Tambang Tbk (ANTM). Terkait proyeksi kinerja ini diungkapkan oleh Tim Riset Mirae Asset Sekuritas, Rizkia Darmawan dan Abyan H. Yuntoharjo.

Antam (ANTM) diketahui memiliki tambang nikel di Halmahera Timur, Maluku Utara yang dikelola oleh UBP Nikel Maluku Utara, serta tambang nikel di Pulau Gag, Papua Barat yang dioperasikan oleh entitas anak Perusahaan, PT Gag Nikel.

Antam (ANTM) juga memiliki tambang nikel di Kolaka, Sulawesi Tenggara yang dioperasikan oleh UBP Nikel Kolaka dan tambang nikel di Konawe Utara, Sulawesi Tenggara yang dioperasikan oleh UBP Nikel Konawe Utara.