Logo Bloomberg Technoz

“Tapi akhirnya pemborosan, nggak sesuai dengan target karena nggak sesuai dipakainya untuk apa,” kata dia.

Lontaran program internet gratis, bagi Trubus, sekadar kampanye untuk menarik suara pemiliki. Internet gratis, “intinya wacana saja itu [pada debat kelima].”

Indonesia masih punya pekerjaan rumah dalam pemerataan akses internet, belum sampai tahap menggratiskan. 

Untuk diketahui, capres nomor urut 01, Anies Baswedan menjanjikan akses internet hadir pada sub bidang; infrastruktur dan jaringan logistik, desa mandiri dan sejahtera. Anies-Muhaimin juga menyatakan bahwa kota dan desa harus terhubung internet murah dan berkualitas. 

Anies menjelaskan dalam debat Minggu (4/2/2024) malam bahwa infrastruktur digital harus mengedepankan tiga aspek; kecepatan, keamanan, dan aksesibilitas.

Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto, menggaungkan program internet gratis untuk seluruh desa saat terpilih menjadi presiden. Pada debat pamungkas lalu internet gratis perlu  untuk mengatasi ketimpangan digital.

“Saya apabila jadi presiden, saya akan bawa internet gratis ke seluruh desa di seluruh Indonesia. Jelas itu,” ucap Prabowo saat merespon Ganjar mengenai mana lebih penting internet gratis atau makan gratis.

Sementara Ganjar Pranowo mengatakan dalam rangka mendorong digitalisasi program kerja Capres-Cawapres nomor urut 03 akan memprioritaskan internet gratis pada dua sektor, pendidikan dan kesehatan.

Ganjar mengusung program koneksi internet kuat, cepat, dan murah. Hal ini menjadi prioritas demi menumbuhkan aktivitas digital yang produktif. Target ambisius Ganjar adalah zero blank spot, atau menghadirkan internet di seluruh wilayah.

(fik/wep)

No more pages