Logo Bloomberg Technoz

Airlangga Tetap Optimisi Pemilu Dongkrak Ekonomi Indonesia

Azura Yumna Ramadani Purnama
05 February 2024 22:02

Jembatan penyeberangan orang tertutup oleh alat peraga kampanye di Jakarta, Kamis (4/1/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Jembatan penyeberangan orang tertutup oleh alat peraga kampanye di Jakarta, Kamis (4/1/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meyakini bahwa momentum Pemilihan Umum (Pemilu) akan terus mendongkrak perekonomian Indonesia.

Diketahui pertumbuhan Lembaga Non-Profit yang Melayani Rumah Tangga (LNPRT) pada kuartal keempat tahun lalu pada 18,11%. Capaian pertumbuhan paling tinggi dibanding komponen lain.

Airlangga menjelaskan bahwa pertumbuhan LNPRT didorong oleh kegiatan persiapan Pemilu, yang menurutnya sudah tumbuh tinggi. Ia percaya hal ini akan kembali meningkat pada Januari 2024 ini.

“Kalau kita lihat di LNPRT yang non profit rumah tangga itu adalah spending politik, ormas atau politik itu di kuartal keempat, sudah kelihatan tumbuh 18,11%,” kata Airlangga di Jakarta, Senin (5/2/2024). 

Ia mengatakan bahwa pemerintah akan terus mendorong konsumsi masyarakat dengan memberikan kepastian ekonomi. Menurutnya, masyarakat akan banyak menabung dan mengurangi pengeluarannya saat terdapat ketidakpastian ekonomi.