Logo Bloomberg Technoz

Profil Perusahaan LEN yang Disebut Ganjar Buat Laptop Rp1 Juta

Redaksi
05 February 2024 12:45

Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo saat debat kelima di JCC, Jakarta, Minggu (4/2/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo saat debat kelima di JCC, Jakarta, Minggu (4/2/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ganjar Pranowo dalam debat kelima, Minggu (5/2/2024) malam menyinggung program produksi laptop murah, Rp1 juta. Ia meniru langkah India dan bisa mendorong pertumbuhan dunia teknologi Indonesia. Laptop dan komputer seharga Rp1 juta digarap oleh PT LEN.

Penugasan Ganjar dilakukan saat dirinya menjabat Gubernur Jawa Tengah namun tidak dilanjutkan karena belum ada kelanjutan restu dari pemerintah pusat. “Kalau tidak ada penugasan dari pemerintah [pusat ] ini tidak akan selesai,” kata Ganjar.

Pabrik LEN beroperasi di Semarang dengan target menghadirkan harga laptop terjangkau. Ini jadi bagian rencana memangkas impor laptop yang nilainya ditaksir Rp30 triliun. Ganjar juga meminta pabrik-pabrik swasta turun merilis laptop murah.

LEN merupakan bagian dari perusahaan negara atau BUMN, fokusnya pada bidang elektronika industri, yang adalah singkat dari Lembaga Elektronika Nasional.

LEN hadir untuk mewujudkan misi industri tangguh dan berkelanjutan. Tidak hanya berfokus pada produksi perangkat hardware, LEN memiliki target mengembangkan perangkat software, termasuk big data dan kecerdasan buatan (AI).

Rancang bangun kantor PT LEN Industri, Len Technopark. (Dok: Perusahaan)