Logo Bloomberg Technoz

Cek Fakta Kasus Stunting yang Akan Diberantas Prabowo-Gibran

Dovana Hasiana
04 February 2024 19:44

Cover Cek Fakta Prabowo Debat Capres 4 Februari 2024 (Bloomberg Technoz)
Cover Cek Fakta Prabowo Debat Capres 4 Februari 2024 (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Calon Presiden Nomor Urut 02, Prabowo Subianto mengklaim punya strategi khusus bertajuk Strategi Transformasi Bangsa yang bertujuan mengatasi permasalahan stunting di Indonesia. Salah satu proyek strategis dari strategi tersebut adalah memberikan makan bergizi untuk seluruh anak-anak Indonesia, mulai dari dalam kandungan hingga sampai dewasa. 

“Salah satu proyek strategis kita intinya memberi makan bergizi untuk seluruh anak-anak Indonesia termasuk yang masih dalam kandungan ibu. Selama sekolah sampai usia dini sampai dewasa. Ini akan mengatasi angka kematian ibu waktu lahir dan akan mengatasi kurang gizi anak stunting,” ujar Prabowo Debat Capres ke-5, Minggu (4/2/2024).

Berapakah angka kasus stunting di Indonesia yang juga menjadi momok pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam lima tahun terakhir. Berdasarkan laman Indonesia.go, angka prevalensi stunting di Indonesia memang cukup tinggi pada 2018 yang mencapai 30,8%.

Pemerintah kemudian membuat sejumlah program untuk menekan angka stunting, salah satunya makanan tambahan bagi ibu hamil dan bayi usia di bawah 2 tahun. Akan tetapi program tersebut kemudian tak tepat sasaran karena sebagian besar anggaran bukan untuk membeli bahan makanan bagi masyarakat, tetapi biaya sosialisasi dan kegiatan lainnya.

Perkembangan Data Stunting di Indonesia