Logo Bloomberg Technoz

Sebelumnya, sejumlah perguruan tinggi menyerukan kegelisahan atas kepemimpinan Presiden Jokowi. Universitas Gadjah Mada menyertukan Petisi Bulak Sumur yang menyatakan telah terjadi penyimpangan moral demokrasi dalam kepemimpinan Jokowi.

Sementara itu, Senada, Forum Guru Besar, Dosen dan Alumnu Universitas Hasanuddin (Unhas) juga menyampaikan petisi serupa. Mereka meminta Presiden Jokowi untuk kembali ke koridor demokrasi.

Dari Jatinangor dan Bandung, Civitas Universitas Padjajaran juga membunyikan petisi mengkritik kepemimpinan Presiden Jokowi. Kritik mengusung tema: Petisi Seruan Padjajaran: Selamatkan Negara Hukum yang Demokratis, Beretika, dan Bermartabat".

"Peristiwa yang terjadi belakangan ini adalah sebuah rangkaian dari menurunnya kualitas demokrasi selama masa pemerintahan Presiden Joko Widodo," ucap perwakilan Universitas Padjajaran, Ganjar Kurnia.

Di sisi lain, Presiden Jokowi menanggapi santai petisi yang muncul.

"Itu hak demokrasi," ujar Jokowi kepada wartawan singkat di Pasar Wonogiri, dikutip dari akun Youtube Sekretariat Negara, Kamis (1/2/2024).

(red/ain)

No more pages