Logo Bloomberg Technoz

Mahfud MD Mundur, Tito Karnavian jadi Plt Menko Polhukam

Pramesti Regita Cindy
02 February 2024 16:00

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. (Bloomberg Technoz/Dovana Hasiana).
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. (Bloomberg Technoz/Dovana Hasiana).

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo telah menandatangani surat Keputusan Presiden (Keppres) nomor 20/P/2024 tentang pemberhentian dengan hormat Mohammad Mahfud MD sebagai Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam). 

Presiden pun sudah menunjuk pengganti sementara calon wakil presiden nomor urut 03 tersebut di Kemenko Polhukam. Jabatan tersebut akan diampu secara rangkap oleh Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian.

"Sebagai Pelaksana Tugas, Wewenang, dan Tanggung Jawab Menkopolhukam Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024," kata Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana melalui pesan singkat, Jumat (2/2/2024).

Mahfud MD menyerahkan langsung surat pengunduran dirinya kepada Jokowi di Istana Merdeka, Kamis (1/2/2024). Pertemuan dilakukan usai Jokowi melakukan rangkaian kunjungan kerja berupa pembagian bantuan sosial (bansos) dan bantuan langsung tunai (BLT) di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Cawapres 03 tersebut memutuskan untuk hengkang dari Kabinet Indonesia Maju karena ingin fokus dalam pemenangan pada Pemilu 2024. Dia pun ingin menunjukkan sikap dan dukungan kepada independensi dan netralitas pada kontestasi politik tersebut.

Mahfud MD Mengundurkan Diri (Andrean/Bloomberg Technoz)