Logo Bloomberg Technoz

Wacana Internet 100 Mbps, Kominfo Sebut Pengguna Maunya Murah

Muhammad Fikri
02 February 2024 15:31

Pengguna internet (Sumber: Bloomberg)
Pengguna internet (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta — Sekretaris Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo Indra Maulana mengatakan bahwa beberapa kalangan masyarakat tidak permasalahkan kecepatan internet asal harganya murah.

“Memang saat ini ada masyarakat yang masih nyaman dengan tarif internet murah, meskipun speednya tidak tinggi-tinggi banget,” kata dia dalam paparan di kantor Kemenkominfo, Jakarta, Jumat (2/2/2023).

Hal yang  Indra sampaikan terkait target kebijakan Menteri Kominfo Budi Arie bahwa minimal kecepatan internet fixed broadband adalah 100 Mbps.

Realitanya kecepatan di Indonesia masih 27,87 Mbps koneksi fixed broadband dan 24,96 Mbps koneksi mobile, menurut laporan Speedtest dari Ookla. Layanan internet yang disediakan para pebisnis jaringan, “relatively, relative tidak tinggi-tinggi banget.”

“Ketika di agregasi dengan seluruh pelanggan di Indonesia, tentunya posisi tadi ini akan menurunkan nilai rata-rata speed internet fixed broadband di Indonesia,” terang dia.