Logo Bloomberg Technoz

Meskipun program ini akan mendorong lebih banyak kredit dan investasi melalui proyek-proyek konstruksi, beberapa analis memperingatkan bahwa dampaknya mungkin membutuhkan waktu untuk terwujud.

Analis Sinolink Securities, Fan Xinjiang, menulis dalam sebuah laporan pada Jumat, tidak mungkin proyek renovasi perkotaan akan "mengarah pada peningkatan langsung pada kredit dan fundamental ekonomi" karena butuh waktu lama untuk proyek-proyek besar seperti itu untuk diluncurkan.

Fan memperkirakan dana PSL sebesar 500 miliar yuan pada akhirnya dapat mendorong kredit baru sebanyak 1,5 triliun yuan karena proyek-proyek tersebut akan menerima lebih banyak pembiayaan. Menurut data PBOC, suku bunga dana PSL diturunkan menjadi 2,25% pada akhir Desember dari 2,4% pada kuartal sebelumnya. Ini lebih rendah dari suku bunga kebijakan satu tahun sebesar 2,5%.

Pihak berwenang telah meningkatkan dukungan kebijakan untuk sektor real estat baru-baru ini, dengan rencana untuk mengungkapkan daftar pertama proyek perumahan yang memenuhi syarat untuk dibiayai. Kota-kota di China termasuk kota metropolitan selatan Guangzhou juga melonggarkan pembatasan pembelian rumah. Namun, kemerosotan pasar terus berlanjut--penjualan rumah baru dari 100 perusahaan real estat terbesar anjlok 34,2% dari tahun sebelumnya di Januari.

Menurut laporan media lokal, bank-bank kebijakan China juga telah mengeluarkan pinjaman pertama mereka untuk proyek-proyek semacam itu di kota-kota seperti Guangzhou dan Shijiazhuang.

(bbn)

No more pages