Logo Bloomberg Technoz

Bank Sentral China Tambah Dana Perumahan Murah sebesar $21 Miliar

News
02 February 2024 14:30

Gedung People's Bank of China (PBOC) di Beijing. (Sumber: Bloomberg)
Gedung People's Bank of China (PBOC) di Beijing. (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Bank Rakyat China (People's Bank of China) menyediakan dana murah senilai 150 miliar yuan ($21,9 miliar) untuk pinjaman ke proyek-proyek perumahan dan infrastruktur bulan lalu, meningkatkan dukungan bagi perekonomian.

Menurut pernyataan bank sentral pada Kamis, jumlah yang belum dibayar dari program Pledged Supplemental Lending (PSL) PBOC kepada bank-bank yang berorientasi pada kebijakan mencapai 3,4 triliun yuan pada akhir Januari.

PBoC (Dok: Bloomberg)

Program PSL dipandang sebagai alat penting bagi Beijing untuk mendukung perekonomian dan mengurangi dampak dari penurunan properti terburuk yang pernah tercatat. Uang bank sentral yang murah ini dapat digunakan oleh bank-bank kebijakan untuk meminjamkan uang kepada proyek-proyek, yang dapat membantu meringankan penurunan aktivitas konstruksi.

Menurut sebuah artikel yang diterbitkan oleh bank sentral bulan lalu, PBOC meningkatkan kuota dana PSL sebesar 500 miliar yuan untuk "proyek-proyek besar", yang mencakup pembangunan perumahan yang disubsidi pemerintah dan merenovasi distrik-distrik di pusat kota yang kumuh. Bank tersebut menyuntikkan 350 miliar yuan bersih pada Desember, yang merupakan yang terbesar sejak November 2022.