Logo Bloomberg Technoz

Meskipun tidak ada yang namanya taruhan pasti dalam mobil klasik, mobil produksi Ferrari saat ini malah mulai jadi spekulasi. Menurut K500 sebuah firma yang menganilis nilai mobil klasik, pada tahun lalu, enam dari 10 penjualan teratas di seluruh dunia adalah Ferrari; tingkat penjualan mereka di lelang hampir 90%. Rata-rata tingkat penjualan di pasar untuk semua merek adalah 80%.

Meskipun demikian, tahun lalu harga rata-rata Ferrari yang terjual di lelang turun 8%, dari US$1,3 juta pada tahun 2022 menjadi US$1,2 juta. Yang artinya 79% Ferrari yang terjual gagal mencapai harga perkiraan rata-rata mereka, dibandingkan dengan 52% di tahun 2022. 

Calon pemilik mungkin perlu mempertimbangkan model-model yang kurang dikenal seperti Ferrari Dino dan Ferrari FF yang lebih baru.

Dibuat dari tahun 2011 hingga 2016, FF empat penumpang menawarkan praktikalitas yang tidak terbantahkan—meskipun tidak terduga untuk Ferrari—dengan penggerak empat roda dan paddle shifter yang dihubungkan dengan mesin V-12 duo dinamis Ferrari dan transmisi kopling ganda. 

Sekarang bernilai dari US$143.000 hingga US$177.000 untuk contoh dalam kondisi sangat baik, menurut Hagerty, FF siap untuk kembali populer karena menarik bagi pembeli muda yang tertarik dengan desain yang tidak biasa yang mengingatkan pada Ferrari balap "breadvan" 250 GT pada awal tahun 1960-an.

Pembeli tersebut juga kebetulan menginginkan mobil yang mudah dikendarai (Baca: tanpa kopling.). Mesin bertenaga bensin yang besar adalah daya tarik lebih lanjut.

"Mobil model terbaru, sepenuhnya mesin pembakaran internal, mesin besar, produksi terbatas yang membawa harga di atas daftar mungkin akan melakukan angka yang lebih kuat, terutama Ferrari," kata Steve Serio, seorang broker otomotif high-end yang berbasis di Boston.

Meskipun tidak sekonstan Ferrari di pasar aftermarket, Lamborghini menawarkan peluang menarik bagi mereka yang memiliki uang untuk dibelanjakan. 

Pertimbangkan Lamborghini Countach 25th Anniversary yang mencolok: Saat ini bernilai dari US$612,500 hingga US$770,000 untuk contoh dalam kondisi sangat baik, Countach menikmati produksi terbatas pada tahun 1989 dan telah mendapatkan asosiasi budaya profil tinggi yang dikait-kaitkan dengan era '80-an.

Kedua atribut tersebut menunjukkan bahwa mobil ini memiliki ruang untuk meningkat nilai, kata Rabold dalam laporan Daftar Pasar Bull Hagerty.

"Kelangkaan model yang terawat dengan baik, dikombinasikan dengan daya tarik abadi mobil, selebriti, dan permintaan pasar yang meningkat, telah membuat ini menjadi pilihan populer bagi kolektor milenial," tulis Rabold.

Menurut Shelby Myers, kepala global penjualan pribadi di RM Sotheby’s, di tempat lain di pasar yang paling mewah, mobil Formula 1 yang sudah pensiun akan terbukti sebagai pembelian yang cerdas. (Satu yang dikendarai oleh Lewis Hamilton terjual seharga US$18,8 juta pada bulan November.)

Ketua dan CEO Craig Jackson dari Barrett-Jackson Auction Co. mengarahkan kita ke mobil-mobil besar mesin pembakaran internal model terbaru seperti Bugatti Veyron.

Beberapa ahli tambahan mengatakan bahwa Mercedes-Benz 300SL, yang lama diakui karena kemampuannya untuk mempertahankan nilai, mungkin melihat keuntungan kecil karena desainnya yang abadi, produksi terbatas, dan signifikansi sejarah. Pengembalian terbaik akan datang dari contoh dalam warna yang tidak biasa.

Lebih Terjangkau dan Cerdas

Tidak semuanya langka. Beberapa kendaraan buatan AS siap untuk melonjak pada tahun 2024. Sinonim dengan budaya mobil muscle, Chevrolet Impala SS, yang dibuat dari tahun 1965 hingga 1970, mencetak rekor penjualan saat konsumen jatuh cinta dengan mesin V-8 yang bertenaga dan desain brutalisnya. 

Sejak itu, mobil ini telah diabaikan untuk model-model seperti Dodge Charger, tetapi itu berubah. Tahun ini, harapkan untuk membayar US$30,100 hingga US$44,500 untuk contoh yang sangat baik.

Thunderbird milik Ford, yang dibuat dari tahun 1964 hingga 1966, adalah bintang lain dari Motown yang akan menarik bagi penggemar otomotif Amerika saat kolektor dihargai keluar dari apa yang sebelumnya mereka beli dalam genre serupa: Lincoln Continental. 

"Thunderbird semakin menarik minat dari Gen X dan yang lebih muda," kata Rabold. Contoh yang siap pamer rata-rata berharga US$41,300 hingga US$56,400.

BMW M3 juga sedang naik daun. Mobil asli Bavarian yang berotot ini, diproduksi dari tahun 2008 hingga 2013—khususnya model V-8 yang ditunjuk E92—menarik karena menggabungkan kepribadian mengemudi atletis dengan aksesori modern seperti serat karbon dan teknologi dashboard yang ditingkatkan. 

Nilai rata-rata untuk M3 yang lebih tua, sebelumnya lebih diinginkan, naik 34%, menurut Hagerty, dan itu akan mengirim pembeli ke generasi yang lebih baru ini. Harapkan untuk membayar $51,500 hingga $65,800 untuk satu dalam kondisi terbaik.

Mobil BMW. (Sumber: Bloomberg)

Untuk Porsche, tidak semua hilang bagi mereka yang jatuh cinta dengan salah satu merek terkemuka Grup Volkswagen. Versi ovoid Porsche 356 yang luar biasa dan tersembunyi mungkin mendapatkan nilai karena sangat sedikit yang ada, kata Serio. 

Steven Wakefield, seorang analis K500, menulis bahwa bahkan beberapa contoh Porsche 911—khususnya generasi 964 dan 993—masih bisa naik harganya. Dibuat pada akhir tahun 1980-an dan '90-an, mereka menarik bagi milenial yang nostalgia akan era di mana Lady Diana dan Michael Jordan memiliki prominensi di seluruh dunia.

Hal-hal mungkin hanya kurang berbusa pada tahun 2024. "Saya hanya menyebutnya kembali ke dasar," kata Rabold.

(bbn)

No more pages