Logo Bloomberg Technoz

Data ini makin menegaskan bahwa ekonomi AS mulai ‘mendingin’. Oleh karena itu, penurunan suku bunga acuan adalah sebuah keniscayaan, meski belum bisa dilakukan dalam waktu dekat.

“Investor belum mengesampingkan kemungkinan suku bunga acuan bisa diturunkan lebih cepat dari perkiraan. Ekspektasi itu bisa semakin meningkat jika data yang diumumkan terus memburuk,” kata Fawad Razaqzada dari City Index and Forex.com, seperti dikutip dari Bloomberg News.

Analisis Teknikal

Secara teknikal dengan perspektif harian (daily time frame), emas memang sedang bullish. Terlihat dari Relative Strength Index (RSI) yang sebesar 58,88. RSI di atas 50 menandakan suatu aset sedang di posisi bullish.

Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa indikator Stochastic RSI sudah menyentuh 100. Sudah maksimal, sudah mentok, sudah jenuh beli (overbought).

Oleh karena itu, sepertinya harga emas akan menjalani fase konsolidasi. Target support terdekat ada di US$ 2.036/ons. Penembusan di titik ini bisa membawa harga turun lagi menuju US$ 2.030/ons.

Sementara target resisten terdekat adalah US$ 2.059/ons. Jika tertembus, maka harga emas bisa naik lagi ke arah US$ 2.065/ons.

(aji)

No more pages