Logo Bloomberg Technoz

Inflasi di Wilayah Euro Turun Lebih Sedikit dari Perkiraan

News
01 February 2024 21:20

Pusat perbelanjaan di Eropa. (Dok: Bloomberg)
Pusat perbelanjaan di Eropa. (Dok: Bloomberg)

Mark Schroers - Bloomberg News

Bloomberg, Inflasi zona euro menurun lebih sedikit dari yang diantisipasi pada awal tahun--menguji ekspektasi investor bahwa Bank Sentral Eropa akan mulai menurunkan suku bunga secepatnya pada musim semi.

Eurostat mengatakan pada Kamis, setelah kenaikan di Desember yang didorong oleh efek dasar, harga konsumen naik 2,8% dari tahun lalu di Januari. Angka tersebut di atas estimasi median 2,7% dalam survei Bloomberg terhadap para ekonom. Inflasi inti, yang tidak termasuk komponen-komponen yang mudah berubah seperti makanan dan energi, juga turun lebih sedikit dari yang diperkirakan, menjadi 3,3%.

Inflasi di Euro-area. (Dok: Bloomberg)

Reaksi pasar terhadap rilis data ini tidak terlalu besar. Para trader memperkirakan penurunan suku bunga sebesar hampir enam poin seperempat tahun ini dan melihat peluang hampir 90% bahwa penurunan pertama akan dilakukan pada April. Obligasi Jerman bertenor dua tahun--di antara yang paling sensitif terhadap perubahan kebijakan moneter--mengalami penurunan, dengan imbal hasil diperdagangkan lima basis poin lebih tinggi pada 2,47%.

Setelah rentetan kenaikan suku bunga yang belum pernah terjadi sebelumnya antara Juli 2022 dan September 2023, ECB telah membuka pintu untuk melonggarkan kebijakan moneter tahun ini. Namun, para pejabat berhati-hati dalam memberikan panduan yang jelas tentang waktu sebelum mereka yakin bahwa pertumbuhan harga akan kembali ke target 2%.

Inflasi Euro-area di Januari. (Dok: Bloomberg)