Logo Bloomberg Technoz

Anak Muda Aktif Olahraga Tetap Bisa Berisiko Kanker

Dinda Decembria
01 February 2024 18:35

Papan iklan sepatu lari. (Dok: Bloomberg)
Papan iklan sepatu lari. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Olahraga kini semakin digandrungi sejumlah kaum muda. Kebiasaan tersebut dilakukan sebagai bentuk sadar diri dalam menjaga kesehatan. Meski sudah rajin olahraga apakah setiap orang masih berpotensi terserang penyakit kanker. Kok bisa?

Koordinator Bidang Humas Yayasan Kanker Indonesia (YKI), Pratiwi Astar menyebut kaum muda yang rajin olahraga bisa tiba-tiba terkena kanker. Bukan karena aktivitas olahraganya, melain asupan makan yang tidak terkontrol dan tidak sehat.

Makan makanan hasil masakan siap saji juga berpotensi menimbulkan penyakit dalam jangka panjang, 15 hingga 20 tahun ke depan, ketimbang memilih asupan sehat.

“Ibu-ibu kerja sekarang, 'ah masak aja yang sudah process food, sosis', yang mungkin kadaluarsa dua tahun, bahwa dampaknya 15 hingga 20 tahun kemudian, misalkan anaknya dari 15 tahun baru kena kanker 30 tahun,” jelas Pratiwi Astar saat ditemui acara Seni Yayasan Kanker Indonesia, di Pantai Indah Kapuk 2, Tangerang, Kamis (1/2/2024).

Pratiwi mengatakan makan-makanan tak sehat seperti siap saji dapat menimbulkan penyakit kanker usus. Penyebab ini secara data lebih sering menyerang kaum laki-laki dan menempati urutan kedua penyakit di dunia.