Logo Bloomberg Technoz

Cengkeraman Asing pada Rumah Mewah di London Menguat

News
01 February 2024 15:30

The Athlone House mansiondi London (Bloomberg/Hollie Adams)
The Athlone House mansiondi London (Bloomberg/Hollie Adams)

Damian Shepherd - Bloomberg News

Bloomberg, Pembeli rumah asing mengambil alih lebih banyak pasar perumahan mewah di London tahun lalu sementara permintaan domestik berkurang.

Menurut data Hamptons International yang dilihat Bloomberg, pembeli internasional membeli 45% rumah yang dijual di kode pos paling makmur di pusat kota London pada tahun 2023, naik dari 39% pada tahun sebelumnya. Perubahan ini didorong oleh peningkatan jumlah pembeli dari Asia dan Uni Eropa, dengan pembeli dari Asia dan Uni Eropa mencapai hampir sepertiga dari pembelian rumah dari luar negeri di area pusat kota dan London Raya -- level tertinggi dalam lima tahun terakhir.

"Pembeli yang berbasis di luar negeri yang membeli properti investasi atau rumah kedua di London mungkin tidak terlalu terpapar oleh volatilitas suku bunga KPR yang terjadi di Inggris," ujar Aneisha Beveridge, kepala riset di Hamptons. "Banyak dari pembeli ini membeli properti dengan uang tunai, sementara yang lainnya mencari pinjaman uang di negara asal mereka."

Rumah di London yang dibeli orang asing. (Dok: Bloomberg)

Namun, mengingat penurunan keseluruhan transaksi tahun lalu, jumlah absolut rumah yang dibeli oleh pembeli internasional kemungkinan turun secara tahunan, kata Hamptons.