Logo Bloomberg Technoz

Matahari akan Buyback Saham Rp 1 T

Tara Marchelin
12 March 2023 15:40

Ilustrasi Matahari. (Dok. matahari.com)
Ilustrasi Matahari. (Dok. matahari.com)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Emiten retail PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) berencana melakukan pembelian kembali saham atau buyback sebesar Rp 1 triliun atau 10% saham Seri C dari modal disetor dan ditempatkan perusahaan. Buyback akan dilakukan setelah perusahaan mendapat persetujuan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST). 

“Pembelian kembali saham akan dilaksanakan setelah perseroan memperoleh persetujuan dari RUPST yang akan dilaksanakan pada hari  Rabu tanggal  29  Maret 2023. Pelaksanaan pembelian kembali saham akan dilaksanakan paling lama 18 bulan terhitung sejak hari diselenggarakannya RUPST,” tulis pihak LPPF dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat(10/3/2023).  

Melalui buyback saham, LPPF menargetkan peningkatan laba bersih per saham dari Rp 582, pada Desember 2022, menjadi Rp 675. Hal ini diharapkan dapat memberikan fleksibilitas LPPF dalam mengelola modal sehingga dapat mencapai struktur permodalan yang lebih efisien. Selain itu, pembelian kembali saham dilakukan dengan batas harga maksimal sebesar Rp 7.900 per lembar saham.   

Pihak LPPF menjelaskan, tahun lalu, perusahaannya telah mendapat persetujuan untuk melaksanakan program buyback saham dengan biaya maksimal Rp 1 triliun, hingga 5 Desember 2023. Namun, LPPF berencana memperpanjang program tersebut hingga 2024.

“Perseroan berharap tidak akan terjadi penurunan pendapatan perseroan yang signifikan akibat dari pelaksanaan pembelian kembali saham  tersebut, dan tidak  berdampak signifikan terhadap biaya pembiayaan perseroan,” ungkap pihak LPPF.