Logo Bloomberg Technoz

Powell Pertahankan Pivot The Fed, Tekan Lagi Waktu Pemangkasan

News
01 February 2024 13:40

Jerome Powell, Ketua the Fed (Dok: Bloomberg)
Jerome Powell, Ketua the Fed (Dok: Bloomberg)

Steve Matthews - Bloomberg News

Bloomberg, Para pejabat Federal Reserve (The Fed) mengukuhkan akhir dari kampanye agresif mereka untuk menaikkan suku bunga, dan berusaha mengatur ulang ekspektasi untuk seberapa cepat mereka akan memangkas tahun ini seiring memudarnya tekanan inflasi.

Sementara para pembuat kebijakan mengalihkan fokus mereka ke kapan harus mulai melonggarkan kebijakan di tengah penurunan inflasi yang menguntungkan, jelas bahwa mereka tidak terburu-buru untuk menurunkan suku bunga. Dengan latar belakang ekonomi yang masih solid, Gubernur Jerome Powell mengatakan para pejabat akan bergerak dengan sabar dan memadamkan spekulasi bahwa penurunan suku bunga akan dimulai pada pertemuan berikutnya.

"Kami sama sekali tidak menyatakan kemenangan," kata Powell kepada wartawan pada Rabu setelah pertemuan kebijakan The Fed, menekankan perlunya melihat "lebih banyak" data yang mengonfirmasi tren penurunan inflasi yang berkelanjutan. "Saya rasa tidak mungkin komite akan mencapai tingkat kepercayaan diri pada saat pertemuan Maret."

"Ini adalah keputusan yang sangat konsekuen untuk memulai proses pembatasan kembali dan kami ingin melakukannya dengan benar," kata Powell.