Logo Bloomberg Technoz

Sebuah tas Birkin kulit yang dibeli langsung dari toko dimulai dari US$9,000 dan dapat dijual seharga US$30,000 tergantung pada ukuran, warna, bahan, dan kondisi. Pasar sekunder seperti Sotheby's adalah salah satu tempat langka di mana Anda dapat membeli Birkin baru dari toko dengan kotak asli dan semua plastik masih menempel pada hardware tanpa harus memiliki hubungan dengan seorang asisten penjualan Hermès dan riwayat pembelian yang panjang. 

Ilustrasi Hermes (Nathan Laine/Bloomberg)
  1. Penyetaraan Harga

Sebelum pandemi, penjualan barang mewah dari rumah mode ternama bergantung pada industri pariwisata. Terutama turis asal China yang berlibur ke Eropa adalah target mereka. Hal tersebut dikarenakan harga tas di Eropa lebih murah dibanding wilayah lain.

Menaikkan harga juga bertujuan untuk melakukan penyetaraan demi mencegah aksi borong konsumen di satu wilayah dan menjual kembali dengan harga tinggi di tempat lain. Kini masih terbatasnya perjalanan lintas negara juga membuat konsumen berbelanja di negara sendiri.

"Label-label ini mendapatkan persentase penjualan paling tinggi dari turis asal China yang berlibur ke Eropa. Karena harga barang mewah di China 25 sampai 30 persen lebih mahal dibanding di Eropa. Banyak dari mereka yang pergi ke Prancis atau Italia hanya untuk berbelanja barang mewah," tegas Diana Nguyen, pemilik situs jual beli preloved barang mewah bernama Lux Second Chance pada South China Morning Post.

(spt)

No more pages