Logo Bloomberg Technoz

Dalam kasus Indonesia, penilaian dikerjakan Lembaga Management, FEB, Universitas Indonesia dan  NuPMK Consulting. Sepanjang tahun lalu Indonesia disorot pada sisi reformasi birokrasi di dalam pemerintahan.

Pun terdapat faktor komitmen Indonesia dalam percepatan pembangunan ekonomi non pulau Jawa, perbaikan infrastruktur digital. Indonesia menghadapi tantangan atas komitmennya pada transisi energi, serta penciptaan tenaga kerja high-value.

Kriteria lebih rinci pada tiga aspek yang mengalami peningkatan; Ritel Internet, Modal ventura, Keamanan siber, Transfer pengetahuan,  Hak kekayaan intelektual, Investasi bidang telekomunikasi, Aturan riset dan penelitian, Kecepatan rata-rata internet, Agiliti perusahaan, Pengembangan dan penerapan teknologi, Penerapan big data analitik, Pendanaan untuk pengembangan teknologi, manajemen perkotaan, skill digital, juga perbankan dan jasa keuangan.

Sedangkan kriteria yang mengalami penurunan peringkat diantaranya pelanggan seluler untuk teknologi 4G dan 5G, teknologi komunikasi, data kepemilikan smartphone, hingga anggaran pendidikan pemerintah.

10 negara tertinggi dalam peringkat daya saing digital tahun 2023:

  1. Amerika
  2. Belanda
  3. Singapura
  4. Denmark
  5. Swiss
  6. Korea Selatan
  7. Swedia
  8. Finlandia
  9. Taiwan
  10. Hong Kong

(wep)

No more pages