Logo Bloomberg Technoz

Skor Daya Saing Digital RI Naik, Tapi Belum Bisa Saingi Singapura

Rosmayanti
31 January 2024 16:10

Ilustrasi transaksi digital (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi transaksi digital (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Daya saing digital Indonesia menempati urutan ke-45, naik 6 peringkat berdasarkan angka terbaru Institute for Management Development (IMD), dalam World Digital Competitiveness Ranking (WDCR) tahun 2023.

Daya saing digital Indonesia masih kalah dari beberapa negara di kawasan Asia Tenggara, seperti Singapura (urutan 3), Malaysia (urutan 33), Thailand (urutan 35). Di kawasan Asia Pasifik Indonesia hanya naik satu peringkat ke urutan 11, dan sepanjang tahun 2019 hingga 2023 hanya bergeser dua level dari urutan 13.

Menurut Direktur World Competitiveness Center, Arturo Bris penilaian utama yang menjadi faktor ranking kali ini adalah pengukuran ekonomi yang selaras dengan transformasi digital, seiring dngan pengembagnan solusi kecerdasan buatan (AI).

Pengukuran mewakili bagaimana gabungan infrastruktur, regulasi, talenta dan perilaku digital pada setiap negara. Dalam matriks pengukuran yang dilakukan oleh para ekonom, World Competitiveness Center memberikan skor pada tiga aspek, pengetahuan, teknologi, dan kesiapan masa depan.

Aspek teknologi Indonesia ada pada peringkat terbaik, ada di posisi ke-39, sedangkan aspek pengetahuan di posisi 60. Untuk kesiapan masa depan ada di posisi 43.