Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Tiba Malam, Rencana Pamitan Mahfud MD Berpotensi Tertunda

Muhammad Fikri
31 January 2024 16:40

Ari Dwipayana (Tangkapan Layar Instagram @dwipayanaari)
Ari Dwipayana (Tangkapan Layar Instagram @dwipayanaari)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Prediksi pertemuan Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan, Mohammad Mahfud MD dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis (1/2/2024) berpotensi molor. Berdasarkan informasi kegiatan presiden, Jokowi baru tiba di Jakarta dari rangkaian kunjungan kerja di Jawa Tengah pada Malam hari.

"Bisa saja [bukan besok], tergantung waktu yang dialokasikan atau dijadwalkan untuk pertemuan itu. Karena pak presiden juga mendaratnya mungkin malam juga," kata Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana kepada wartawan di Istana Negara, Rabu (31/1/2024).

Menurut dia, Jokowi bisa saja sudah mengetahui tentang niat Mahfud MD untuk meninggalkan Kabinet Indonesia Maju. Hal ini merujuk pada ramainya pemberitaan dan pernyataan langsung dari Mahfud kepada media massa, hari ini.

Akan tetapi, kata dia, Jokowi akan menghormati keputusan Mahfud yang menyatakan akan menyampaikan langsung pengunduran diri tersebut. Presiden pun dinilai tak akan menghalangi atau menunda keinginan cawapres nomor urut 03 tersebut untuk melepas jabatan Menko Polhukam.

"Ya, tentu harus menghormati keinginan dari pak Mahfud," ujar Ari. "Seperti yang disampaikan presiden di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, beliau menghargai keinginan Menko Polhukam untuk mengundurkan diri."

Menko Polhukam Mahfud MD mengumumkan rencana pengunduran diri dari Kabinet Indonesia Maju (Dok. TPN Ganjar-Mahfud)