Logo Bloomberg Technoz

Hubungan Kian Memanas, Iran & AS Saling Ancam Balas Serangan

News
31 January 2024 16:15

Ilustrasi negara Iran. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi negara Iran. (Dok: Bloomberg)

Patrick Sykes - Bloomberg News

Bloomberg, Iran telah mengisyaratkan kesiapannya untuk membalas serangan AS terhadap wilayah atau asetnya di luar negeri. Pernyataan tersebut dibuat menyusul rencana Gedung Putih untuk merespons serangan drone yang menewaskan tiga tentara Amerika pada akhir pekan lalu.

Pada hari Selasa (30/1), Presiden AS Joe Biden menyatakan telah membuat keputusan tentang bagaimana membalas serangan di Yordania, yang menurut AS dilakukan oleh kelompok-kelompok yang didukung Iran. Tanpa mengungkap rencananya secara detail, Biden mengatakan Iran bertanggung jawab atas penyediaan senjata yang digunakan dalam serangan tersebut.

“Jika ada pihak yang menyerang wilayah Iran, atau kepentingan atau warganya di luar negeri, akan dibalas dengan tindakan tegas,” kata Duta Besar Iran untuk PBB, Amir Saeid Iravani, menurut Islamic Republic News Agency yang dikelola pemerintah.

Peta Koalisi Iran versus Amerika Serikat dan sekutu di Timur Tengah. (Dok. Bloomberg)

Peringatan Iran ini menggarisbawahi tantangan bagi AS tentang bagaimana merespons tanpa semakin terjebak dalam konflik, yang dipicu pada Oktober lalu oleh serangan Hamas terhadap Israel dan perang berikutnya di Gaza.