Logo Bloomberg Technoz

Akan tetapi, Mahfud justru memastikan mundur dari jabatannya tepat dua pekan sebelum pemungutan suara Pemilu 2024. Dia telah bertemu dengan Menteri Sekretaris Negara Pratikno untuk meminta jadwal bertemu dengan Jokowi. Rencananya, dia akan resmi mengundurkan diri usai menyerahkan surat secara langsung kepada presiden. Pertemuan kemungkinan akan terjadi usai Jokowi menuntaskan kunjungan kerja di Jawa Tengah hingga Kamis (1/2/2024).

Menurut Mahfud, langkah mundur dari jabatan negara selama proses Pilpres 2024 adalah langkah yang bijak. Ganjar Pranowo dan para partai pendukung pun telah memberikan dukungan penuh.

“Hal ini dianggap upaya mengembalikan marwah demokrasi yang dilaksanakan dengan proses yang benar dan jujur,” kata Mahfud. “Saya sangat menghindari konflik kepentingan dan intervensi politik.”

Sebagai informasi, dari tiga paslon peserta Pilpres 2024, terdapat calon yang masih menduduki jabatan sebagai menteri dan kepala daerah. Mereka adalah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang maju sebagai Capres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, Cawapres nomor urut 2 yang masih menjabat sebagai Wali Kota Solo. 

(prc/frg)

No more pages