Logo Bloomberg Technoz

Tinggalkan Jokowi, Mahfud MD Sudah Kemasi Barang di Rumah Dinas

Pramesti Regita Cindy
31 January 2024 15:50

Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. (Tangkapan Layar Instagram @ganjar_pranowo)
Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. (Tangkapan Layar Instagram @ganjar_pranowo)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan, Mohammad Mahfud MD mengklaim sudah siap meninggalkan Kabinet Indonesia Maju yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi). Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 03 ini tinggal menyampaikan surat pengunduran dirinya secara langsung kepada Jokowi.

“Saya juga telah mengemas seluruh barang pribadi, dan telah siap keluar dari rumah dinas dan melepaskan seluruh fasilitas negara,” kata Mahfud MD seperti dilansir TPN Ganjar-Mahfud, Rabu (31/1/2024).

Dia mengklaim, keputusannya meninggalkan jabatan Menko Polhukam sebagai komitmen terhadap independensi pemerintah pada Pemilu 2024.

Mahfud mengatakan, rencananya mundur dari jajaran pembantu Jokowi telah dibahaskan bersama dengan Capres 03, Ganjar Pranowo. Selain itu, dia juga telah menyampaikan langkah politiknya tersebut kepada seluruh ketua umum partai politik yang mengusung pasangan calon nomor urut 03 yaitu PDI Perjuangan; PPP, Partai Hanura; dan Partai Perindo.

Sebelumnya, para petinggi partai pengusung memang menahan niat Mahfud untuk hengkang dari jabatan di pemerintahan dengan dalih kepentingan rakyat. Bahkan, mereka juga sempat meminta Mahfud memastikan seluruh persoalan krusial di bidang Polhukam selesai sebelum mundur.

Ilustrasi Presiden Jokowi dan Mahfud MD (Dennis A. Pratama/Bloomberg Technoz)