Logo Bloomberg Technoz

“Ini kenapa membinasakan, 40% pajak itu ditagihkan ke kostumer/pelanggan, kalau dia (customer) tidak bayar berarti perusahaan yang bayar,” kata Hotman Paris di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Ekonomi di Jakarta Pusat, pada beberapa waktu lalu.

Inul Daratista turut membeberkan kerugian yang akan timbul dari aturan baru pajak baru tersebut pada bisnisnya seperti Inul Vizta. Menurutnya karaokenya tersebut akan mengeluarkan kocek bisa mencapai 100% bahkan dengan adanya banyak pihak yang turut serta dalam bisnis ini. 

“Hitungan-hitungannya banyak sekali, karena yang berkepentingannya banyak. Tentunya biaya pajak yg kita keluarkan seperti kita bunuh diri,” kata Inul dalam kesempatan yang sama.

“Didalam pajak ini bukan 40%-75% tapi 100% yang harus keluar dari kita, karena yang kalau di karaoke itu yang terlibat banyak,” lanjutnya.

Berikut daftar karaoke dan club malam milik artis tanah air:

1. Anang Hermansyah

Penyanyi sekaligus politikus Anang Hermansyah sempat membuka karaoke Anang Family Karaoke. Namun pada saat pandemi 2020 harus ditutup padahal sudah tersebar bisnis karaokenya seperti Jakarta, Surabaya, Gorontalo, Jember, Sukabumi, Cilegon.

Pada 2023 Anang kembali membuka Family Karaoke dan Hi5five Lounge di Kota Malang, Jawa Timur.

2. Syahrini

Syahrini sempat mendirikan bisnis karaoke pada 2013. Namun sayang, bisnis karaoke ini diterpa sejumlah kontroversi di antaranya tak adanya izin operasi. Namun, melalui pantauan media sosial, bisnis karaokenya masih ada beberapa yang buka seperti di Jakarta.

3. Charly Van Houten

Penyanyi sekaligus mantan vokalis ST12 ini memilki bisnis karaoke keluarga bernama rand Charly VHT, yang dibuka pertama kali pada 2011.

Beda dari tempat karaoke lainnya, Charly tak menyediakan minuman keras dan mematok harga karaoke mulai dari 50.000 per jam

4. Maia Estianty

Maia Estianty memiliki bisnis karaoke yakni Karaoke Alegro. Rumah karaoke ini dibuka sejak 2011 dan menjadikan tempat karaoke pertama yang menggunakan teknologi android dan ipad yang menggantikan remote untuk mengganti dan memutar lagu.

5. Rossa

Rossa juga memiliki bisnis karaoke, Diva Karaoke yang kini masih bertahan.

Diva Karaoke didirikan sejak 2011 bahkan  memiliki cabang di setiap daeah. Karaoke ini cukup laris di kota-kota besar.

6. Inul Daratista

Inul Daratista merupakan pemilik salah satu rumah karaoke paling laris di Indonesia. Inul Vizta sendiri sudah berdiri sejak 2005. Saat ini, outlet Inul Vizta disebut sudah memilki 100 outlet

Kelab Malam

1. Raffi Ahmad

Raffi Ahmaf melebarkan sayap dalam bisinis dunia malam yakni ia bersama pengusahan Rudy Salim mendirikan tempat hiburan malam bernama Phantom di Pantai Indah Kapuk (PIK) 2, Jakarta Utara yang baru didikan pada akhir tahun 2023. Saat ini bisnis tersebut masih terbilang baru sebulan. Terpantau melalui media sosial Phantom juga masih aktif menggelar acara dalam club tersebut.

Tak tanggung-tanggung tempat hiburan malam tersebut juga dapat menampung hingga 20 ribu orang. Oleh sebab otu, Phantom digadang-gadang menjadi yang terbesar se Asia Tenggara.

Selain kelab malam, Raffi juga berencana akan membangun ratusan beach club di kawasan Gunung, Kidul Yogyakarta. Akan tetapi wacana Sultan Andara ini menuai kecaman dari WALHI Yogyakarta lantaran bisa mengancam kawasan KARST atau bisa menimbulkan kekeringan.

2. Maia Estianty

Maia Estianty juga sempat melebarkan sayap buka bisnis usaha kelab malam sejak tahun 2006 silam, yakni Tipsy Club and Lounge di kawasan Kemang, Jakarta Selatan. Namun, saat dipantau melalui google maps, tempat tersebut tak terlihat lagi dalam daftar kelab malam.

3. Hotman Paris

Pengacara kondang Hotman Paris juga melebarkan sayap dalam bisnis kelab malam. Tak lain yang dikenal Hollywings yang sempat mem-booming di beberapa cabang Jakarta dan kini sejumlah usaha tersebut ditutup lantaran terkait masalah operasional izin.

Kemudian di Bali, Hotman membangun beach Club di kawasan Canggu, Kuta Utara bernama Atlas Beach Fest yang diresmikan pada 18 Juli 2022 lalu.

4. Wulan Guritno

Wulan Guritno juga salah satu artis yang melebarkan sayap ke dunia Kelab malam. Ia menjabat sebagai Komisaris Independen di Lucy in the Sky. Sejak didirikan tahun 2011, Rooftop bar Jakarta satu ini punya konsep tropical bohemian yang dihiasi tumbuhan-tumbuhan dan ornamen rotan yang memunculkan suasana cozy

Tidak hanya itu, dengan konsep baru, Lucy in The Sky yang menggandeng merk burger ternama yaitu Lawless Burger dan Pizzza Dealer. Selain Jakarta, terdapat 3 (tiga) titik kota besar lain di Indonesia yaitu Surabaya, Bandung, Medan

(dec/spt)

No more pages