Logo Bloomberg Technoz

Republik Ceko

Di luar zona euro, ekonomi Ceko nyaris lolos dari resesi pada kuartal terakhir tahun lalu, tumbuh 0,2% dari tiga bulan sebelumnya. Badan statistik mengatakan data awal menunjukkan ekspor menjadi pendorong utama, sementara permintaan domestik juga rebound.

Pemerintah dan bank sentral memperkirakan pemulihan moderat tahun ini karena pertumbuhan upah riil mendorong konsumsi swasta. Namun, gangguan rantai pasokan yang masih ada terus menimbulkan risiko bagi industri manufaktur utama yang sangat bergantung pada impor suku cadang dan bahan baku.

PDB Spanyol, Inflasi

Menurut badan statistik negara INE, ekonomi Spanyol tumbuh 0,6% pada kuartal keempat, sebagian besar didorong oleh konsumsi rumah tangga. Angka tersebut mendorong pertumbuhan 2023 menjadi 2,5%.

Spanyol baru-baru ini menjadi negara dengan kinerja lebih baik di antara negara-negara zona euro lainnya, setelah mengalami kontraksi yang lebih dalam daripada kebanyakan negara selama pandemi.

Grafik PDB Spanyol. (Sumber: Bloomberg)

PDB Austria

Negara ini mengakhiri resesi selama enam bulan pada kuartal keempat, ketika output naik 0,2%. Namun, untuk keseluruhan tahun 2023, PDB turun 0,7%.

"Perekonomian dalam negeri stabil pada tingkat rendah di akhir tahun," kata Institut Wifo, yang menyusun statistik pemerintah Austria. "Sementara tanda-tanda awal penurunan terlihat di industri, sektor jasa berkembang secara heterogen. Permintaan konsumen dan investasi tetap terkendali."

PDB Lithuania

Ekonomi menyusut 0,3% pada kuartal keempat setelah stagnan pada tiga bulan sebelumnya - terseret oleh industri, grosir, ritel, dan transportasi.

Hasil ini datang meskipun negara Baltik tersebut memiliki sentimen konsumen terkuat di Uni Eropa setelah inflasi anjlok menjadi hanya di atas 1% pada Desember dari 20% pada awal 2023.

Output mengalami penurunan akibat permintaan yang lebih lemah di pasar ekspor. Meskipun diperkirakan akan meningkat pada 2024 secara keseluruhan, biaya pembiayaan yang tinggi dan ketidakpastian geopolitik akan membebani.

PDB Prancis

Data-data Prancis sesuai dengan estimasi dari analis yang disurvei oleh Bloomberg. Sepanjang tahun 2023, PDB tumbuh 0,9%, menurut badan statistik Insee, yang juga merevisi angka kuartal ketiga naik menjadi nol dari kontraksi 0,1% sebelumnya.

Perekonomian diperkirakan tidak akan mengalami pemulihan cepat pada tahun 2024 karena sektor manufaktur hanya pulih perlahan setelah kemerosotan yang panjang dan rumah tangga terus merasakan tekanan dari inflasi, bahkan saat inflasi surut.

Perlambatan ekonomi yang berkepanjangan ini merupakan masalah bagi Emmanuel Macron karena pemerintahannya bergantung pada ekspansi yang lebih kuat untuk memperbaiki keuangan publik dan mengendalikan pengangguran. Sebuah studi oleh badan statistik Insee pada bulan Desember menunjukkan akselerasi yang luar biasa tajam akan diperlukan untuk memenuhi perkiraan pertumbuhan PDB 1,4% yang menjadi dasar anggaran 2024.

Grafik keyakinan konsumen Prancis. (Sumber: Bloomberg)

Macron juga menghadapi kesulitan politik karena para petani memperpanjang protes untuk menuntut lebih banyak dukungan dan pengurangan birokrasi dari negara. Dia sudah mengganti perdana menterinya bulan ini dalam upaya untuk menghidupkan kembali masa kepresidenannya setelah perdebatan yang memecah belah tentang imigrasi.

Namun, publikasi terpisah dari badan statistik menunjukkan belanja konsumen tangguh pada bulan Desember dengan kenaikan 0,3% dari bulan sebelumnya. Para ekonom memperkirakan stagnasi setelah lonjakan 0,6% pada November.

Keyakinan konsumen telah menunjukkan tanda-tanda perbaikan yang tentatif. Meski masih di bawah rata-rata jangka panjang, ukuran tersebut mencapai level tertinggi sejak Februari 2022.

(bbn)

No more pages