Logo Bloomberg Technoz

Korut Tembakkan Rudal Jelajah Tiga Kali dalam Seminggu Terakhir

News
30 January 2024 12:25

Rudal Taktis Angkatan Darat MGM-140 di Pantai Timur, Korea Selatan./dok. Kemenhan Korsel diolah Bloomberg
Rudal Taktis Angkatan Darat MGM-140 di Pantai Timur, Korea Selatan./dok. Kemenhan Korsel diolah Bloomberg

Jon Herskovitz dan Shinhye Kang - Bloomberg News

Bloomberg, Militer Korea Selatan mengungkapkan, Korea Utara (Korut) menembakkan beberapa rudal jelajah ke arah perairan di lepas pantai baratnya, yang menambah rentetan peluncuran senjata yang menurut Pyongyang dirancang untuk meningkatkan kemampuan serangan nuklirnya.

Peluncuran tersebut dilakukan sekitar pukul 7 pagi Selasa dan rincian lebih lanjut belum ada. Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan dalam sebuah pesan kepada wartawan bahwa militer negaranya bekerja sama erat dengan sekutunya, Amerika Serikat, untuk melakukan analisis terperinci.

Peluncuran terbaru ini merupakan peluncuran rudal jelajah ketiga yang ditembakkan oleh Korea Utara dalam satu minggu terakhir. Media resmi Korut biasanya mengomentari peluncuran rudal tersebut sehari setelah peluncuran.

Selama akhir pekan, Kim Jong Un mengawasi peluncuran rudal jelajah yang disebut sebagai rudal jelajah yang baru dikembangkan untuk digunakan di kapal selam. Kantor Berita Pusat Korea melaporkan, rudal-rudal tersebut dirancang untuk membantu angkatan laut negara itu melakukan serangan atom.