Logo Bloomberg Technoz

Survei: Suku Bunga KPR di AS Akan Turun Jadi 5,5% di 2024

News
30 January 2024 09:00

Ilustrasi Pasar Properti dan Perumahan (Dok Bloomberg)
Ilustrasi Pasar Properti dan Perumahan (Dok Bloomberg)

Natalie Wong dan Prashant Gopal - Bloomberg News

Bloomberg, Menurut survei Bloomberg Markets Live Pulse terbaru, suku bunga hipotek di Amerika Serikat (AS) akan turun tahun ini, memicu optimisme tentang pasar real estat yang sedang terpukul.

Suku bunga hipotek 30 tahun diperkirakan akan turun menjadi 5,5% pada akhir tahun ini, menurut median dari 236 responden. Ini akan turun lebih dari satu poin persentase penuh dari level saat ini sekitar 6,69%, dan merupakan penurunan tahunan pertama setelah kenaikan selama tiga tahun berturut-turut.

Biaya pinjaman yang tinggi telah menyebabkan penjualan rumah yang sebelumnya dimiliki merosot ke level terendah dalam hampir tiga dekade terakhir. Hal ini telah mendorong para pembeli untuk mengesampingkan dan membuat banyak pemilik menunda untuk mendaftarkan properti mereka untuk dijual.

Namun, dengan Federal Reserve yang mengisyaratkan potensi penurunan suku bunga tahun ini, ada konsensus yang meningkat bahwa biaya pinjaman akan berkurang, membantu mendorong 57% responden untuk melihat real estat sebagai investasi yang lebih menarik tahun ini dibandingkan dengan tahun 2023.

Real estat. (Dok: Bloomberg)