Logo Bloomberg Technoz

Senator AS Desak Gubernur The Fed Pangkas Suku Bunga

News
30 January 2024 07:50

Ketua Bank Sentral AS Jerome Powell (Sumber: Bloomberg)
Ketua Bank Sentral AS Jerome Powell (Sumber: Bloomberg)

Catarina Saraiva - Bloomberg News

Bloomberg, Senator Elizabeth Warren dan tiga rekannya dari Partai Demokrat mendesak Gubernur Federal Reserve (The Fed) Jerome Powell untuk menurunkan suku bunga guna membantu menurunkan biaya perumahan menjelang pertemuan kebijakan bank sentral pekan ini.

"Suku bunga yang tinggi telah memperparah krisis akses dan keterjangkauan perumahan di negara ini," tulis para senator dalam sebuah surat tertanggal 28 Januari. "Ketika The Fed mempertimbangkan langkah selanjutnya di tahun baru, kami mendesak Anda untuk mempertimbangkan dampak dari keputusan-keputusan suku bunga Anda terhadap pasar perumahan dan untuk membalikkan kenaikan suku bunga yang mengganggu yang telah membuat perumahan yang terjangkau tidak terjangkau oleh banyak orang."

Warren, seorang anggota Partai Demokrat dari Massachusetts dan sering mengkritik kampanye kenaikan suku bunga The Fed, bergabung dengan John Hickenlooper dari Colorado, Jacky Rosen dari Nevada, dan Sheldon Whitehouse dari Rhode Island. Surat ini pertama kali dilaporkan oleh CNN.

The Fed menaikkan suku bunga ke kisaran 5,25% hingga 5,5%--level tertinggi dalam 22 tahun terakhir--selama dua tahun terakhir dalam upaya untuk meredam inflasi yang cepat. Kebijakan ini menyebabkan suku bunga efektif untuk hipotek 30 tahun mencapai 8% tahun lalu, meskipun suku bunga tersebut telah turun dari puncaknya.