Logo Bloomberg Technoz

AS Siapkan Atruran Baru untuk Dorong Efisiensi Pemakaian Kompor

News
30 January 2024 06:20

Ilustrasi kompor listrik. (Envato/balls340)
Ilustrasi kompor listrik. (Envato/balls340)

Ari Natter - Bloomberg News

Bloomberg, Pemerintah Amerika Serikat (AS) telah menyelesaikan peraturan penghematan energi pertama untuk kompor dapur yang dirancang untuk menurunkan tagihan listrik dan meningkatkan keandalan peralatan. Namun mereka tidak akan melarang perusahaan yang menggunakan bahan bakar gas.

Standar tersebut, yang menetapkan batas penggunaan energi untuk peralatan gas dan listrik, akan menghemat biaya energi konsumen sebesar US$1,6 miliar selama 30 tahun, kata Departemen Energi AS dalam sebuah pernyataan. Persyaratan yang diamanatkan oleh Kongres dijadwalkan mulai berlaku pada 2028.

Dorongan Departemen Energi untuk menerapkan peraturan baru tidak pernah mencakup rencana pelarangan kompor gas. Namun, badan tersebut memulai proses tersebut tidak lama setelah seorang pejabat di Komisi Keamanan Produk Konsumen AS melontarkan gagasan untuk melarang produk-produk tersebut di tengah kekhawatiran mengenai polusi udara, sehingga menjadikan peralatan tersebut menjadi sorotan politik.

Departemen Energi mengatakan standar ini akan mengurangi emisi karbon dioksida sebesar hampir 4 juta metrik ton secara kumulatif selama 30 tahun – kira-kira sama dengan gabungan emisi tahunan yang terkait dengan penggunaan energi oleh 500.000 rumah tangga.